Jenis Jenis Crowdfunding Serta Keunggulan dan Tips Melakukannya

Jenis Jenis Crowdfunding Serta Keunggulan dan Tips Melakukannya

Dikutip dari laman resmi crowdfunding Indonesia, setidaknya terdapat 3 jenis crowdfunding yang bisa coba Anda gunakan pada model bisnis Anda, yaitu:

Crowdfunding Donasi

Crowdfunding ini akan lebih fokus pada bantuan kemanusiaan seperti halnya bantuan bencana alam, beasiswa pendidikan, amal, serta nirlaba. Sehingga, para investor tidak bisa menuntut pengembalian atau mengharapkan keuntungan atas dana yang sudah diberikan.

Crowdfunding Hadiah

Jenis crowdfunding ini akan melibatkan para investor dengan bentuk hadiah. Walaupun demikian, para investor tetap tidak bisa berharap menikmati pengembalian dana atau keuntungan atas bisnis tersebut.

Crowdfunding Ekuitas

Berbeda dengan kedua jenis crowdfunding sebelumnya, pada equity crowdfunding para investor memiliki hak sepenuhnya sebagai pemilik perusahaan, serta mereka memiliki hak atas saham ekuitas, serta hak dalam pembagian keuntungan.

Keunggulan dan Kekurangan Crowdfunding

Crowdfunding dalam upaya meningkatkan modal usaha mampu menghasilkan manfaat yang bisa dicapai secara mudah. Namun, berbagai kekurangannya juga tidak bisa dianggap biasa. Berikut ini adalah kekurangan dan keunggulan dari Crowdfunding.

Keunggulan Crowdfunding

Profil bisnis ataupun produk yang dibungkus dengan cara menarik akan menjadi nilai lebih untuk perusahaan Anda

Adanya keikutsertaan banyak orang dalam sistem Crowdfunding akan mampu menghasilkan ruang tersendiri dimana pemilik bisnis mampu berinteraksi langsung dengan mereka.

Adanya timbal balik yang menawarkan suatu akses pra-rilis pada konten ataupun peluang guna mengulas suatu konten beta pada para investor sebagai bagian dari insentif pendanaan. Akan menghasilkan keuntungan ekonomi bagi pemilik usaha

Tips Melakukan Crowdfunding

Sistem crowdfunding memang mempunyai banyak manfaat menarik dan menjadi sarana tepat dalam meningkatkan modal dengan cara kolektif dan hasilnyapun cenderung lebih cepat. Namun dibalik manfaat tersebut, ada berbagai risiko yang harus dipertimbangkan ketika akan menginisiasi suatu Crowdfunding.

Saat ini sudah banyak situs Crowdfunding yang di dalamnya Anda bisa menempatkan ide dan gagasan yang akan Anda ciptakan dengan tingkat kreatifitas tinggi. Ide dan gagasan Anda ini nantinya akan disebarluaskan pada masyarakat untuk kemudian di ulas. Jika masyarakat tertarik, maka mereka akan memberikan sumbangan dana untuk perusahaan Anda.

Jika Anda cukup tertarik untuk menerapkan sistem Crowdfunding demi meningkatkan modal bisnis Anda, maka Anda harus memerhatikan beberapa tips dibawah ini sebelum Anda melakukan Crowdfunding.

Siapkan Proposal yang Menarik

Meskipun ide atau gagasan yang Anda ajukan cukup unik dan cemerlang, namun jika dilakukan tanpa penyampaian yang sesuai dengan proposal, maka tidak akan ada investor yang tertarik untuk mendanai bisnis Anda. Dengan adanya proposal yang menarik, maka para investor akan berusaha melihat lebih dalam tentang visi dan misi atas ide yang Anda ajukan. Agar lebih menarik perhatian para investor, disarankan untuk membungkus proposal tersebut dengan desain yang unik dan beda.

Lakukan Monitoring Proposal

Setelah Crowdfunding telah menerima proposal Anda, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pengawasan atas perkembangan proposal tersebut. Mulai dari tanggapan hingga persetujuan para investor untuk mendanai ide Anda. Jika dirasa masih jauh dari ekspetasi Anda, maka Anda bisa memperbarui proposal tersebut dengan cara mengkajinya terlebih dahulu. Lakukan pembaruan sesegara mungkin lalu unggah kembali pada situs Crowdfunding.

Lakukan Promosi Terhadap Ide yang Anda Bangun

Jika Anda hanya menunggu tanpa melakukan tindakan apapun terhadap ide yang telah Anda kirimkan pada satu situs Crowdfunding, maka ide tersebut tidak akan bisa diterapkan atau dijalankan sesuai apa yang sudah Anda harapkan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan promosi lain diluar situs Crowdfunding dengan cara memberi tahu pada masyarakat luas bahwa Anda sedang serius dalam menjalankan ide Anda itu.

Kegiatan promosi ini bisa Anda lakukan dengan banyak cara, salah satu cara yang efektif adalah menyebarluaskannya di media sosial pribadi Anda, seperti facebook, twitter, instagram, youtube, atau linkedin.

Kesimpulan

Strategi meningkatkan modal bisnis dengan cara kolektif yang disebut dengan crowdfunding ini memang mampu membantu Anda secara efektif dalam hal branding atau perilisian suatu produk baru. Namun dibalik manfaat yang luar biasa ini, Anda masih harus mempertimbangkan risiko yang ada dibaliknya.

Jika dana yang Anda ajukan sudah terkumpul dan bisnis Anda sudah siap berjalan, maka selanjutnya Anda harus menjaga reputasi baik perusahaan Anda pada investor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Dia Jenis-Jenis Bawang Putih dan Perbedaannya!